Apa
bedanya perdagangan internasional dengan pemasaran internasional ?
- Perdagangan internasional merupakan transaksi antar negara biasanya dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan cara ekspor dan impor.
- Pemasaran internasional sering disebut sebagai Bisnis Internasional merupakan keadaan dimana suatu perusahaan dapat terlibat dalam suatu transaksi bisnis dengan negara lain dalam upaya untuk memasarkan hasil produksi di luar negeri.
Jadi,
perbedaan utama terletak pada perlakuannya dimana perdagangan
internasional dilakukan oleh negara sedangkan pemasaran internasional
adalah merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Disamping
itu pemasaran internasional menentukan kegiatan bisnis yang lebih
aktif serta lebih progresif dari pada perdagangan internasional.
Alasan
apa setiap negara melaksanakan bisnis internasional ?
- Keunggulan absolute (absolute advantage)
Suatu negara dapat dikatakan memiliki keunggulan absolut apabila negara itu memegang monopoli dalam berproduksi dan perdagangan terhadap produk tersebut. Hal ini akan dapat dicapai kalau tidak ada negara lain yang dapat menghasilkan produk tersebut sehingga negara itu menjadi satu-satunya negara penghasil yang pada umumnya disebabkan karena kondisi alam yang dimilikinya, misalnya hasil tambang, perkebunan, kehutanan, pertanian dan sebagainya. Disamping kondisi alam, keunggulan absolut dapat pula diperoleh dari suatu negara yang mampu untuk memproduksikan suatu komoditi yang paling murah di antara negara-negara lainnya. - Keunggulan komparatif (comparative advantage)
Keunggulan komparatif ini merupakan konsep yang lebih realistik dan banyak terdapat dalam bisnis Internasional, yaitu suatu keadaan di mana suatu negara memiliki kemampuan yang lebih tinggi untuk menawarkan produk tersebut dibandingkan dengan negara lain.
Maksudnya,
suatu negara pada umumnya akan mengutamakan produksi dan mengekspor
komoditi yang memiliki keunggulan komparatif yang paling baik dan
kemudian mengimpor komoditi yang mana memiliki keunggulan komparatif
yang terjelek.
Faktor
– faktor apa saja yang mempengaruhi bisnis internasional ?
- Perbedaan sumber daya alamKetersediaan sumber daya alam merupakan faktor penting yang mempengaruhi bisnis internasional. Karena tidak semua negara memiliki potensi sumber daya alam yang sama.
- Penguasaan IPTEKDi negara maju penguasaan iptek lebih tinggi dibandingkan di negara berkembang. Hal ini akan menyebabkan perbedaan hasil produksi.
- SeleraSelera menjadi salah satu faktor pendorong bisnis internasional.
Sumber
: http://google.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar